tulisan berjalan

Rabu, 29 Januari 2014

MANAJEMEN PRODUKSI DAN PEMASARAN SERTA CONTOH DI SURAT KABAR HARIAN.



MANAJEMEN

            Manajemen berasal dari bahsa Prancis kuno management, yang memiliki arti “Seni melaksanakan dan mengatur”.
Arti sesungguhnya Manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungi masing – masing untuk mencapai tujuan organisasi.

Ø  Manajemen sendiri memiliki 3 pengertian yaitu:

1.                   Manajemen sebagai suatu proses.
2.                   Manajemen sebagai kolektifitas orang – orang yang melakukan aktifitas manajemen.
3.                   Manajemen sebagai seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science).

Ø  Macam – Macam Manajemen:

·                     Manajemen Produksi,
·                     Manajemen Pemasaran,
·                     Manajemen Personalia atau Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM),
·                     Manajemen Keuangan,
·                     Manajemen Administrasi.

Ø  Memahami Teknik Yang Ada Di Manajemen:

·         S  = Strengths
            W= Weaknesses
            O = Opportunities
            T  = Threats

·         P  = Political
E  = Economic
S   = Social
T  = Technological

·         S  = Socio - cultural
T  = Technological
E  = Economic
E  = Enological
R  = Regulatory


Berikut ini saya akan mengulas jalan kesuksessan dari seorang wirausahawan yang di muat di kabar harian jawa pos . Senin Desember 2013.









Kisah designer yang berjudul
Raissa Saphira & Eksplorasi Busana. Konsisten Motif Bunga ”.
Dari kisah raissa ini saya akan mengulas kesuksessannya dari 2 segi / macam manajemen, yaitu manajemen pemasaran dan manjemen produksi.

Berikut ulasan saya tentang manajemen pemasaran dan manajemen produksi dari usaha Raissa Saphira :

Ø  Pengertian Manajemen Pemasaran,

Manajemen Pemasaran, adalah Penerapan fungsi – fungsi manajemen dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat, agar dapat memperluas pasar bagi kemajuan suatu perusahaan atau industri.
Secara definisi, Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang di tuju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler,1980).

Ø  Fungsi – fungsi Manajemen Pemasaran,  antara lain :

1.                  Fungsi Pertukaran,
2.                  Fungsi Distribusi Fisik,
3.                  Fungsi Perantara.
Mengapa saya mengulas dari segi manajemen pemasaran dari usaha Raissa Saphira? Karena Raissa termasuk wirausahawan yang termasuk menjual produknya secara langsung tanpa adanya perantara. Bisa dikatakan usaha yang di geluti oleh Raissa ini tergolong sangat maju dan sukses, Raissa juga memiliki kemampuan lebih dalam hal memasarkan produk, hal itu bisa di buktikan saat ia menggelar pameran dan fashion show pada acara ulang tahun sang mama (23/12). Raissa menunjukan enam dri delapan gaunnya dan langsung terjual saat malam itu juga. Itu menandakan bahwa usahanya sangat berhasil dalam hal memasarkan produknya, hanya dalam semalam ia telah bisa menjual habis gaun hasil buatannya itu.
Raissa menjual gaunnya dengan harga RP.3.000.000 ke atas , Saissa juga menjelaskan kepada para pelanggannya nilai lebih yang di miliki oleh gaun rancangannya, seperti model dan kain yang di gunakan bisa di pilih dan dibuat sesuai keinginan para pelanggan, dan penyesuaian gaun dan badan sang pelanggan sangat di sesuaikan oleh Raissa misalnya peletakan ritsleting yang pas supaya bentuk cutting sesuai dengan lekuk tubuh. Dan juga perawatan gaunnya karena ada yang hanya boleh di – dry clean.

Ø  Pengertian Manajemen Produksi,
Manajemen Produksi, adalah Pelaksanaan kegiatan – kegiatan manajerial seperti planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan), dan controlling (pengawasan), terhadap sistem – sistem produksi dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Ø  Fungsi – fungsi Manajemen Produksi, antara lain:
P  = Planning (perencanaan)
O  = Organizing (pengorganisasian)
A  = Actuating (penggerakan)
C  = Controlling (pengawasan )

Mengapa saya mengulas dari segi manajemen produksi dari usaha Raissa Saphira? Karena Raissa termasuk wirausahawan yang termasuk hebat, ia mampu mengerjalan semuanya sendiri hanya beberapa jahitan di gaunnya yang sulit ia baru mempekerjakan tukang jahit yang bisa dan sesuai dengan jenis jahitan gaunnya.
Usaha yang baru berjalan dari awal tahun 2012 ini memiliki dasar untuk gaunnya ada lace, duchess, dan chiffon silk. Dan untuk aksen bunganya ada Swarovski, dan ada kombinasinya juga seperti duchess, dan daun tulle.
Karena usaha yang sudah meningkat sekarang Raissa mulai mencari penjahit yang sesuai dengan metode jahitan gaunnya. Mahasiwi Universitas Ciputra ini memiliki susunan SWOT yang sesuai dengan usaha gaun bunganya.
SWOT

Strengths                                                                    Weaknesses
Konsisten pada corak bunga                                       Made by design dan manual sehingga
dengan memanfaatkan beragam kain.                         perlu waktu mengerjakan agak lama.
Ready to wear Sehingga                                             Bahan yang digunakan tidak tersedia
relative lebih banyak peminat.                                    banyak di pasaran (limited) sehingga tiap
                                                                                    model dan corak hanya ada satu produk.

 

Opportunities                                                 Threats
Semakin banyak masyarakat yang tertarik                  Di pasaran, semakin banyak gaun
pada busana limited dan made by design.                  ready to wear impor dengan beragam
Mengombiasikan dua atau lebih jenis kain                 model yang dibanderol lebih murah.
sehingga menawarkan kenyamanan                            Tren mode terbilang cepat bergulir
dikenakan serta keindahan lampilan.                          sehingga corak tertentu saja bisa
                                                                                    cepat pula berkurang peminat.

1 komentar:

  1. Y sngat menginspirasi buat para bisnis manajemen produksi dan pemasaran

    BalasHapus